Aamiin Ya Rabbal Aalamiin

Dengki...

Dengki merupakan salah satu penyakit hati yang mesti dihindari. Dari banyak referensi, dituliskan bahwa dengki merujuk kepada kebencian dan kemarahan yang timbul akibat perasaan cemburu atau iri hati yang amat sangat. Ia amat dekat (berhubungan) dengan unsur jahat, tidak berkenan, benci dan perasaan dendam yang terpendam.

Ada juga yang mendefinisikan dengki sebagai suatu perbuatan atau tindakan hati yang tidak senang melihat kesenangan (nikmat) orang lain serta berharap agar kesenangan (nikmat) orang lain akan hilang atau lenyap atau pun berpindah kepadanya.

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian saling mendengki, saling menfitnah (untuk suatu persaingan yang tidak sehat), saling membenci, saling memusuhi dan jangan pula saling menelikung transaksi orang lain. Jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslimnya yang lain, ia tidak menzhaliminya, tidak mempermalukannya, tidak mendustakannya dan tidak pula melecehkannya. Takwa tempatnya adalah di sini -seraya Nabi SAW menunjuk ke dadanya tiga kali. Telah pantas seseorang disebut melakukan kejahatan, karena ia melecehkan saudara muslimnya. Setiap muslim atas sesama muslim yang lain adalah haram darahnya, hartanya dan kehormatannya. ” (HR. Muslim dari Abu Hurairah ra)

ALLAH SWT berfirman:
“Katakanlah, Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai sebuah dari kejahatan makhluk Nya,” kemudian Dia berfirman, “Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (AI Falaq(113): 1, 2 dan 5).

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud bahwa Rasululloh SAW bersabda:
“Ada tiga hal yang menjadi akar semua dosa. Jagalah dirimu dan waspadalah terhadap ketiganya. Waspadalah terhadap kesombongan, sebab kesombongan telah menjadikan iblis Inenolak bersujud kepada Adam. Waspadalah terhadap kerakusan, sebab kerakusan telah menyebabkan Adam memakan buah dari pohon terlarang. Dan jagalah dirimu dari dengki, sebab dengki telah menyebabkan salah seorang anak Adam membunuh saudaranya.” (HR Ibnu Asakir).

***So, anak2 mummy, adik2 mummy,kawan2 mummy semua marilah kita jauhi penyakit hati dengki ini. :)


8 share with mummy:

eLLy said...

insyallah akan kami jauhi dari penyakit DENGKI ini ...

izman said...

setuju, penyakit dengki ni hendaklah dielakkan.

mummysyafie said...

naper orang tak penah senang ngan kebahgiaan orang lain?

JHaZ KiTaRo said...

salam dari pelajar di bumi eire.. blog hopping..

Jard The Great said...

huhu.. harap dijauhkan dari sikap dengki neh.. bole jadi penyakit wooo..

salam singgah dariku .. ;p

@LiYaNNuaR ツ said...

salam kenal...

sgt stuju.... dengki mmg salah satu penyakit hati yg kejikkk...

selalu jd mangsa dengkikkkk... adehhh

mummysya said...

kalo kita senang, orang dengki... Kalo kita susah pulak jadik bahan cerita orang...

pendek kata, manusia nie tak terlepas dari perasaan hasad dengki kan mummy....

salam sayang buat puteri2 mummy ya...

watie said...

salam..

tumpang baca yer mummy

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...