Aamiin Ya Rabbal Aalamiin

BANKRAP!!


Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu dia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wasallam bersabda: “Tahukah kamu siapa sebenarnya orang yang bankrup...?”

Para shahabat menjawab, “Orang yang bankrup menurut pandangan kami adalah seorang yang tidak memiliki dirham (uang) dan tidak memiliki harta benda”.

Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wasallam berkata, “Orang yang bankrup dari umatku adalah orang yang datang pada hari Kiamat membawa pahala shalat, pahala puasa dan zakatnya, (tapi ketika hidup di dunia) dia mencaci orang lain, menuduh orang lain (fitnah, gossip, prasangka buruk), memakan harta orang lain (secara bathil), menumpahkan darah orang lain (secara bathil) dan dia memukul orang lain, lalu dia diadili dengan cara kebaikannya dibagi-bagikan kepada orang ini dan kepada orang itu (yang pernah dia zhalimi). Sehingga apabila seluruh pahala amal kebaikan nya telah habis, tapi masih ada orang yang menuntut kepadanya, maka dosa-dosa mereka (yang pernah dia zhalimi) ditimpakan kepadanya dan (pada akhirnya) dia dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Ibnu Hibban, Muslim, at-Tirmidzi, Ahmad dan selain mereka)

Naudzubillah... mudah-mudahan kita tidak termasuk hamba Allah yang bangkrut di hari akhir nanti. Kita datang membawa pahala, namun pahala ini harus kita bagi-bagikan kepada orang-orang yang telah kita sakiti, kita zalimi, sehingga kita kehabisan pahala kita dan dengan terpaksa dosa orang-orang yang kita sakiti harus kita pikul untuk mengganti kejahatan kita kepadanya...

2 share with mummy:

padlie said...

Bukan ibadat je yg perlu dijaga, batas pergaulan dan hubungan sesama manusia pun perlu dititik beratkan..

thanks for good entry :)

Mummy Cool said...

100% agreed with you...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...