Aamiin Ya Rabbal Aalamiin

BERTERIMA KASIH TANDA KESYUKURAN


Saudara dan saudariku yang dikasihi Allah
Berterima kasih atas pemberian orang lain adalah perangai yang amat terpuji.
Sebab itu setiap muslim hendaknya menghiasi diri dengannya,Allah menjelaskan

Allah Subhanallahu wa Ta’ala berfirman (artinya):
“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (Ar-Rahman: 60)

Begitu juga Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam memerintahkan umatnya agar membalas kebaikan orang lain, sebagaimana sabda Rasulullah bermaksud :

“Barangsiapa diperlakukan baik (oleh orang), hendaknya ia membalasnya.
Apabila ia tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya, hendaknya ia memujinya. Jika ia memujinya, maka ia telah berterima kasih kepadanya; namun jika menyembunyikannya, berarti ia telah mengingkarinya…” (HR. Al-Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad. Lihat Shahih Al-Adab Al-Mufrad no. 157)

Saudaraku pada umumnya, seseorang merasa berat hati untuk mengeluarkan tenaga, harta, waktu, dan yang semisalnya jika tidak ada imbal balik darinya. Oleh karena itu, barangsiapa yang mencurahkan semua itu untuk saudaranya dengan hati yang tulus, orang seperti ini berhak dibalas kebaikannya dan disyukuri pemberiannya.

Saudara dan saudariku di dalam Islam yang perlu kita ketahui bahwa
"orang yang memberi adalah jauh lebih baik daripada orang yang menerima.

Sebagaiman Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:
“Tangan yang di atas (pemberi) lebih baik daripada tangan yang di bawah (penerima pemberian).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Seseorang belum dapat dikatakan mensyukuri pemberian Allah Subhanallahu wa Ta’ala jika dia susah untuk berterima kasih terhadap kebaikan orang kepadanya. Hal ini seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bermaksud :

“Tidak bersyukur kepada Allah orang yang tidak berterima kasih kepada manusia.” (HR. Al-Bukhari dlm Al-Adab Al-Mufrad dari shabat Abu Hurairah ra dan Abu Dawud)

Hadits ini mengandung dua pengertian:

1. Orang yang tabiat dan kebiasaannya tidak mau berterima kasih terhadap kebaikan orang, biasanya ia juga mengingkari nikmat Allah dan tidak mensyukuri-Nya.

2. Allah Subhanallahu wa Ta’ala tidak menerima syukur hamba kepada-Nya apabila hamba tersebut tidak mensyukuri kebaikan orang, karena dua hal ini saling berkaitan.

Saudara dan saudariku yang dikasihi adapun antara lain bentuk pujian dan tanda terimakasih yang paling bagus untuk orang yang berbuat baik adalah ucapan:

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:
“Barangsiapa diperlakukan baik lalu ia mengatakan kepada pelakunya,

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

“Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan,” ia telah tinggi dalam memujinya.” (Shahih Sunan At-Tirmidzi no. 2035, cet. Al-Ma’arif).

SELAMAT BERAMAL SEMOGA ADA MANFAATNYA INGAT BERTERIMAKASIH SELALU


0 share with mummy:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...